Pasirnanjung – (19/04) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals/Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa. Bimtek dilakukan di Aula Balai Desa Pasirnanjung dengan menerapkan protokol kesehatan pencagahan penyebaran Covid-19. Hadir dalam bimtek ini adalah Kepala Desa, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah ditetapkan dalam Keputusan Kepala Desa Pasirnanjung tentang Kelompok Kerja Relawam Pendataan SDGs Desa Pasirnanjung.
Bimtek diawali Pembukaan oleh sambutan Kepala Desa Pasirnanjung, Caca Suardin. menyampaikan terimakasih kepada relawan yang telah hadir, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. Sumber dana dari program ini dibebankan pada APBDes Perubahan Tahun 2021. Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan serta Alat Perlindungan Diri selama bertugas dan Alat Pendukung Lainnya. Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas.
Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Desa, level Rukun Tetangga, level keluarga, dan level Individ. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.
Acara dilanjutkan dengan bimtek yang diisi oleh Oma Komarudin selaku Pendamping Desa yang menyampaikan bahwa Desa Pasirnanjung merupakan yang Terakir melakukan bimtek di wilayah Kecamatan Cimanggung kepada Pendata dan Operator Pengimput data.
Relawan Operator dibekakli oleh Aplikasi SDGs Desa yang dapat diakses menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Peserta bimtek Khusunya Operator mengoperasikan aplikasi tersebut didampingi langsung oleh Pendamping Desa dan Admin Desa.
Adapun poin yang didata dalam aplikasi tersebut berupa survey individu, survey keluarga, survey Rukun Tetangga yang diinput oleh relawan pendataan SDGs. Sedangkan Admin SDGs bertugas mengelola dashboard aplikasi SDGs Desa, memantau data dari relawan, serta melakukan survey desa.
Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing padukuhan, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.